SIM, Bisnis Polantas

GW paling males urusan dengan polisi, semua serba duit…..contohnya ketika ngurus SIM, dipapan petunjuk pengurusan SIM jelas-jelas tertulis harganya, untuk SIM C baru Rp75.000 sedangkan perpanjangan Rp 60.000.

Tapi kenyataanya nga seperti itu, kita musti bayar uang kesehatan Rp 20.000 trus uang map Rp 3.000 dan uang sidik jari RP 20.000. Gw pikir tinggal bayar dikit aja dah jadi SIMnya, setelah ambil sidik jari musti bayar Uang Administrasi Rp 160.000. haaah…….banyak banget padahal gw hanya perpanjangan aja.

Uang-uang tersebut nga tau larinya, tapi kebanyakan masuk ke kantong pribadi…..kalau mau ngurus SIM di Timika mendingan Nembak aja suruh bapak-bapak POLISI yang Terhormat yang bikin, wong nga ada ujiannya juga, lagian bedanya dikit mau pake jalur yang bener ato ngga.

Kayanya untuk urusan SIM sudah menjadi Bisnis di kalangan Polisi Timika [mungkin seluruh indonesia 🙂 ], selama gw buat SIM gw lihat banyak banget polisi yang ngisi formulir trus tanpa ujian tertulis tiba-tiba kliennya dipanggil untuk foto. Gampang banget kan??

Saking sibuknya ngurus klien yang nembak bikin SIM baru, jarang banget tiap pagi diperempatan atau di lampu merah ada polisi yang jaga.

Gw pernah denger berita bahwa Polisi akan lebih baik dan akan membersihkan praktek-praktek seperti ini dan lebih profesional dalam menjalankan tugas. Tapi kenyataannya tidak sesuai dengan yang ada di lapangan.

Pokoknya intinya cuma Duit, duit, dan duit…… Jangan harap polisi indonesia mau ninggalkan praktek begini, wong polisi aja gampang disogok….lah buktinya ya ngurus SIM itu. kasih duit, kita tinggal foto jadi deh SIMnya.

Aaaaah…kapan ya Polisi Indonesia jadi profesional???

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s