Uang Gula-gula (Permen)

BAGI Penduduk di Kabupaten Mimika pasti mengerti istilah uang gula-gula, tapi bagi penduduk luar Timika masih asing dengan istilah tersebut. Timika banyak orang menyebutnya dengan kota DOLAR yah maklum karena adanya perusahaan tambang emas raksasa yang beroperasi di Timika.

Dengan adanya perusahaan tambang, Timika menjadi daya tarik tersendiri buat orang-orang yang ingin merubah nasib. Jumlah penduduk di Timika tiap bulan pasti bertambah.

Dulu ketika saya masih kecil uang Rp 100,- masih ada harganya tapi sekarang jangan Rp 100,- uang Rp 500,- saja langka peredarannya. Kalau kita belanja di toko-toko atau mini market atau swalayan uang kembalian  Rp 500,- akan diganti dengan gula-gula 2 buah.

Jadi jangan harap Anda akan menemukan kembalian Rp 500,- berbentuk uang, yang ada ya uang gula-gula. Di Timika kios, toko, mini market rata-rata seperti itu kecuali di Minimal swalayan gelael yang masih menyediakah uang pecahan Rp 500,-.

Pemasalahan ini bukan hal baru dan masalah kelangkaan uang pecahan Rp 500,- pernah diekspos di Timika Pos sekitar tahun 2000-2001 ( sayang Timika Pos sudah Almarhum 😦 ) tapi tetap saja tidak ada jalan keluarnya.

Sangat disayangkan tapi mau bagaimana lagi, penduduk Timika sudah terbiasa dengan hal itu jadi ketika uang kembalian Rp 500,- diganti dengan Gula-gula mereka tidak protes.  Kalau kata orang Timika “ah lima ratus saja mo, tarapapa (tidak apa-apa) sudah”

Lah kalo limaratus dikalikan dengan jumlah pembeli kan banyak, yang untung tentunya penjual. Saya memang kesal kalau dapat uang gula-gula, mau protes tetap juga ngak bisa emang bener-bener  di kasir nga ada uang limaratusan.

Jadi buat Anda yang mau ke Timika yah begitulah keadaanya, jadi nga usah bawa pecahan limaratusan percuma nga ada harganya, heheheh. KOTA DOLAR BO’

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s