Menikmati Dinginnya Tembagapura

Kabut TembagapuraKota Tembagapura berada di wilayah Kabupaten Mimika terletak pada ketinggian kira-kira 3000-an meter diatas permukaan laut. Perjalanan dari kota Timika ke kota Tembagapura (Mile 68) ditempuh ± 2 jam jika melalui jalan darat dan hanya ± 15 menit jika menggunakan helicopter.

Kota ini berada di wilayah operasi PT Freeport, jadi jika ingin berkunjung kesana harus memiliki ijin dari manajemen PTFI. Setelah mendapat ijin, kita akan diberi ID Visitor. Disepanjang perjalanan kita akan melewati beberapa pos pemeriksaan, pertama di mile 34, pemeriksaan kedua di mile 50, dan di Mile 66. Setiap sampai di pos pemeriksaan kita diminta menunjukkan ID kecuali di mile 34.

Mulai dari mile 50 sudah masuk di wilayah highland (dataran tinggi), jalan yang akan dilalui cukup terjal dan berada di tepi gunung. Jika cuaca cerah atau tak berkabut, kita dapat melihat pemandangan yang indah disepanjang perjalanan.

Untuk yang baru pertama kali ke Tembagapura, mulai dari mile 50 telinga akan terasa tuli karena tekanan udara yang menipis. Selain jalan yang naik turun, kita akan melewati terowongan Hanekkam dengan panjang 1.050 M berada di ketinggian 2.536 M, terowongan ini dibuat tahun 1971.terowongan hanekkam

Di Tembagapura kita akan melihat bangunan yang tertata rapi sangat kontras dengan kota Timika. Dengan suhu antara 3o C – 20o C kita akan merasakan sejuknya udara segar serta pemandangan yang indah menyejukkan mata. Air terjun, derasnya arus sungai, kabut di puncak-puncak gunung menjadi pemandangan yang mengasikkan terlihat masih alami. Perjalanan panjang yang melelahkan akan hilang seketika.

Wuih…. dingin…dingin…Sampai keluar asapnya kalo ngomong 😀

Iklan

18 thoughts on “Menikmati Dinginnya Tembagapura

  1. aduh……indah sekali membayangkan kota tembagapura….
    indah karena hatiku ada di sana………..
    seseorang membawa hatiku dan sekarang tinggal dan bekerja di tembagapura

    Suka

  2. ENO,MEPA,NAI,LAE,MAS,ALE,AND ETC. HELLO SEMUA SAUDARAKU YANG KU CINTAI INGATLAH BAHWA ORANG YANG BERBOHONG DI TANAH PAPUA TIDAK AKAN MAKMUR DAN BAHAGIA DI DAERAHNYA. AND INGAT JIKA ORANG YANG YANG BEKERJA DENGAN JUJUR MAKA DIA AKAN BAHAGIA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT DAN MEMBAWA DAMAI BAGI DIA DAN ORANG DI SEKITARNYA. SALAM DR KOTA PERANTAUAN.

    Suka

  3. timika korban keserakahan kaum kapitalis radikal…………….yang hanya mengkalkulasi seuatau dengan materi tanpa melihat Hak Adat, HAM, SOSBUD…….yang merupakan fundamen dasar hisup di dunia………..

    Suka

  4. Timika… kota yg tak akan terlupakan krn kota itu bagian dr perjalan hidupku meskipun aq hanya tinggal 5 tahun… dan anaku yg sulung lahir disana… Timika.. kota yg Indah

    Suka

  5. iyo kh…..mcm d tmbgapura tmpat yg pling indah d duniA y?
    memang tmbga pura pangaruh…..BERUang aLe….
    gbung yuk….??
    tImika mau d lawan eee………..hi hi hi…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s