Pendidikan Dasar Masih Memprihatinkan

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan dan setiap warga negara berhak mendapat kesempatan untuk memperoleh pendidikan dasar dengan harapan akan memperoleh pendidikan lanjutan. Dengan memiliki dan dibekali kemampuan dasar itu, maka ia akan memiliki harga diri, dapat menambah wawasan melalui kemampuan baca, sehingga ia menjadi warga negara yang tidak picik, mampu menerima pembaruan, dan meningkatkan kemampuannya.

Kenyataan yang ada, anak-anak usia sekolah di Kabupaten Mimika banyak yang tidak menerima pendidikan dasar yang layak terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman. Mereka tidak merasakan pedidikan seperti yang dirasakan oleh anak-anak yang berada di kota Timika. Mereka belajar dengan segala keterbatasan yang ada. Kekurangan tenaga guru, gedung sekolah yang kurang memadai serta buku-buku menjadi barang yang langka dan mewah.

Pendidikan dasar di Kabupaten Mimika saat ini sungguh sangat memprihatinkan, banyak anak-anak usia sekolah khususnya suku Amungme dan Kamoro tidak mengenyam pendidikan dasar dengan baik. Padahal pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak. Pendidikan dasar merupakan suatu pondasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Jika pendidikan dasar saja tidak diperoleh dengan baik bagaimana melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Permasalahan tentang pendidikan yang dihadapi di Kabupaten Mimika sangat banyak. Berbicara mengenai kualitas dan permasalahan pendidikan di Mimika sama halnya dengan pendidikan anak-anak Amungme dan Kamoro. Karena mereka inilah penduduk asli di Kabupaten Mimika dan lebih banyak berada di daerah pedalaman. Timika tidak bisa dijadikan tolok ukur mengenai kemajuan pendidikan karena kebanyakan masyarakatnya imigran.

Sebagai upaya untuk memperbaiki pendidikan tersebut, pemerintah daerah akan memberikan perhatian lebih kepada sektor pendidikan dengan harapan kualitas pendidikan di Mimika semakin meningkat. Pemerintah Daerah Mimika mengalokasikan dana yang besar setiap tahunnya dan pendidikan merupakan salah satu prioritas disamping program kesehatan, infrastuktur dan program lainnya.

Yang dibutuhkan saat ini bukan hanya porsi dana yang besar, melainkan komitmen serta keseriusan dinas terkait untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Mimika. Kalau berbicara masalah dana, Kabupaten Mimika termasuk Kabupaten yang kaya. lihat disini

Jadi jika memang ingin memperbaiki dan membuat pendidikan dasar yang lebih berkualitas, hanya keseriusan dan kesungguhan dari dinas P&P saja.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s