Susahnya Menulis Berita

Tujuh tahun malang melintang didunia penerbitan koran, baru kali ini membuat berita. berbeda dengan dunia design yang menurut saya lebih mudah dipelajari, menulis berita hue, hue, susahnya. Tetapi karena sudah menjadi bagian dari pekerjaan ya sesulit apapun saya mencoba menjalaninya.

Sasaran pertama untuk konsultasi yaitu OM GOGEL, beliau langsung memberi banyak jawaban. Tapi emang nga ada dasar jurnalistik jadi ya tetep aja bingung. Saya mencoba beberapa kali lead awal tapi tetep aja seperti tidak nyambung, berulang-ulang kali mencoba tetep nga bisa.


Akhirnya saya konsultasi via YM ke Mba Sien, seorang redaktur dan juga teman waktu masih di Kaltim. Saya menceritakan kronologis liputan kemudian Ia memberikan lead awalnya, saya berusaha merangkainya dan akhirnya bisa juga. Permasalahan tidak berhenti disitu untuk paragraf berikutnya bingung lagi bagaimana kelajutannya, Ia menyarankan tulis saja sesuai yang saya ketahui.

Dicoba, dicoba eh jadi satu paragraf lagi, untuk paragraf berikutnya saya berkonsultasi via YM juga ke sikecil Yati. Setiap satu paragraf, saya PM ke sikecil Yati, Ia memberi saran begitu terus menerus, sampai Ia bosan dan YMnya tidak Online lagi. 😦

Hujan lebat menguyur kota Timika, Saya bertahan di kantor sambil menulis berita yang sangat menyiksa pikiran. Tak terasa malam semakin larut, lihat jam haah… sudah hampir jam 8 malam, saya bergegas menyelesaikan berita itu dan akhirnya dengan susah payah selesai juga.

Terimakasih buat Mba Sien dan sikecil Yati. Pengalaman pertama begitu mengoda, selanjutnya terserah saya mau nulis ato tidak 🙂


4 thoughts on “Susahnya Menulis Berita

  1. @tikabanget

    Hehehee….. kalo nga perparagraf nga bakalan dibaca ama mba yati.

    wakakak baru kali ini gw panggil yati pake embel2 mba.

    @yati

    tenang cil, honor dah dipikirkan 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

