Sunset di Pantai Timuka

Sunset di Pantai TimukaHari Senin hingga Rabu lalu, saya ke pesisir pantai. Saya dan rombongan pergi ke Kampung Atuka tujuan kami kesana memberikan pelatihan tambal jaring bagi masyarakat Atuka yang mayoritas pekerjaannya sebagai nelayan.

Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah mayoritas penduduknya berasal dari Suku Kamoro. Atuka merupakan kampung asli Suku Kamoro, berada di Pesisir Pantai. Untuk sampai ke Atuka menggunakan jalur laut dan sungai. Kami memilih untuk melewati sungai selain lebih cepat sampai, saat itu air sedang pasang jadi longboat yang kami tumpangi bisa melewatinya. Tapi jika air surut maka harus melalui laut.

Waktu yang dibutuhkan untuk dapat sampai ke Atuka Sekitar 1 jam setengah jika dihitung dari pelabuhan Pomako. Sesampainya di Atuka, kami disambut dengan cukup antusias dan masyarakat Atuka begitu selalu bersikap sopan, ucapaan selamat sering diucapkan ketika perpapasan satu dengan lainnya. entah anak-anak hingga orang dewasa.

Suasana di Kampung Atuka membuat saya langsung betah dan merasa tidak asing meskipun itu pertamakalinya saya ke Atuka. setelah beristirahat sebentar, saya dan teman-teman pergi memasang jaring di pesisir pantai sekaligus memberitahuakan tetangga dikampung sebelah agar turut hadir dalam acara esok harinya.

Laju Longboat membelah ombak besar membuat kami bergoyang-goyang mengikuti irama ombak. sesampainya di tepi panta, saya ikut turun dan memasang jaring sekaligus bermain-main air laut. wuiiiiih……..senangnya. meskipun hanya dapat ikan 4 ekor saja.

Bukan hanya bermain air laut saja, kami pun sempat berfoto sekaligus melihat langsung Sunset di Pantai Timuka. ehm…. indah banget. cukup disini saja nanti kalo ada waktu akan dilanjutkan lagi kisahnya. masih banyak yang mau ditulis tapi pekerjaan juga masih menumpuk jadi ya tunggu lain kali aja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s