Pelatihan Hak-hak Anak di Biak, Ajang Reuni Tipos

Pelatihan bagi wartawan tentang Hak-hak Anak yang dilakukan oleh Unicef bekerjasama dengan Pemprov Papua dan Papua Barat di Biak, 24-26 Oktober 2007 lalu, menjadi ajang reuni bagi mantan kru Timika Pos (Tipos).

Sekadar untuk diketahui Tipos merupakan koran pertama yang terbit di Timika dan tempat saya memcari nafkah dan ilmu. Selama di Tipos, saya mempelajari banyak hal mulai dari dokumentasi foto hingga Layout Koran.


Tapi sangat disayangkan saat ini Tipos hanya menjadi sebuah kenangan. Saya tidak tahu apa yang menyebabkan Tipos bubar, saat itu saya ikut relokasi ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Sekitar empat tahun di Kaltim, saya memutuskan untuk kembali lagi ke Timika karena disinilah kampung halamanku.

Di tempat kerja yang sekarang masih tak jauh dari dunia publishing. Saya bukan hanya sebagai Layout tapi harus juga bisa berperan menjadi tukang foto dan reporter. Minggu lalu saya ikut pelatihan di Biak, selain mengetahui tentang hak anak, saya pun tahu bagaimana cara mencari berita hingga bagaimana teknik menulis berita. (yg ikut wartawan semua, kecuali gw baru blajar jd wartawan).

Memang banyak ilmu yang saya peroleh tinggal bagaimana saya mengembangkannya saja. Selain ilmu pelatihan itu menjadi ajang reuni bagi saya dan teman2 yang dulu bergabung dibawah bendera Timika Pos. Kami pun bercerita masa lalu serta mengenangnya dan kami pun menyesalkan mengapa Tipos bisa Hancur…..hiks sediiih…..

aaah…… laporan tentang pelatihan belum dibuat padahal mau dimuat di tabloidku…. kerja keras lagi deh untuk nulis berita… 

Tinggalkan Balasan

