Menelusuri Goa Lima Kamar di Biak

dinding atasSelama 3 hari di Biak, selain mengikuti pelatihan tentang Hak-hak anak, saya berkesempatan melancong ke tempat2 yang bersejarah. Salahsatunya Goa Lima Kamar, Goa ini terletak di Biak Timur tepatnya berada di bawah jalan dekat pintu masuk Biak Timur.

Goa ini pertamakali ditemukan oleh Paulus Kafiar (kebetulan teman saat pelatihan) Goa ini berada di belakang rumahnya. Goa Lima Kamar merupakan goa peninggalan tentara jepang. Disebut Goa Lima Kamar karena didalam goa ini ada lima buah ruang, ya mirip sama kamar-kamar. (Foto-fotonya dibawah)

Untuk dapat masuk kedalam goa, kita harus sedikit merangkak, setelah berada didalamnya baru bisa berdiri hanya musti hati-hati. Selain terjal dan licin, usahakan kepala anda tidak menyentuh bagian atas goa, bisa bocor kalau kena soalnya tajam-tajam karangnya.

Didalam Goa, kita bisa melihat peninggalan tentara jepang seperti botol obat-obatan, sisa-sisa masker (sayang nga hanya bisa lihat sisanya aja, yang lainnya dicuri untuk dijual), sumur mata air yang sangat jernih airnya dan tempat pengintai.

Kalo kita perhatikan dinding goa, wuiih indah banget, ada batu talaknit (saya sempat ambil batunya–maaf ya saya ngembat 😀 ) contour dindingnya sungguh memesona saya.

Pintu masuk Goa juga sebagai tempat pintu keluar, didalam kita harus berjalan beriringan soalnya sempit dan tempatnya terjal, selain itu ada lorong kecil yang hanya bisa dilalui jika posisi badan kita menyamping. Untuk yang bawa tas ya di lepas dulu tasnya 😀

Pokoknya indah banget di dalam Goa Lima Kamar. O iya selain foto-foto kami juga sekalian syuting karena yang ikut masuk kedalam ada wartawan dari TOP TV.

Ini foto-fotonya

Dibawah jalan ini goa lima kamar beradadindin goa lima kamar

sumur di dalam goa kamar pengintai

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s