Sebuah Buku, Bangkitkan Papua!

Lama bertapa akhirnya ngeblog juga :), kali ini saya akan bercerita tentang Rumah Baca kami.

Rumah Baca Alam Riang, begitulah namanya. Awal mulanya, saya dan isteri berencana membuat ruang belajar dan perpustakaan kemudian kami berencana mengundang anak-anak disekitar tempat tinggal untuk berpartisipasi dengan anak-anak kami belajar dan bermain bersama.

Saat ini kami sedang membangun tempat untuk ruang belajar dan perpustakaan berukuran 4x9m bertempat dilantai 2 rumah kami.

Rumah baca Alam Riang bukan hanya karena letak rumah kami yg ‘dekat’ dengan alam, dipinggir kota dan ditengah ladang, akan tetapi bertujuan supaya anak-anak mengasosiasikan buku (pengetahuan) dengan alam yang riang (riang karena terpelihara) dan pada akhirnya menggunakan pengetahuan untuk memelihara kehidupan mereka dan alam.

Isteri saya seorang ibu rumah tangga yang selalu online tak hanya ngeFB atau ngeTweet saja tetapi juga mengikuti perkembangan dan informasi melalui ipad kesayangannya. Banyaknya teman-temannya di FB yang memposting kegiatan dan ajakan sebuah komunitas peduli pendidikan untuk Papua untuk memnyumbang buku maupun membentuk komunitas serta rumah baca yang diperuntukkan buat anak-anak di Papua, selengkapnya lihat disini www.bukuntukpapua.org menjadi salah satu faktor berdirinya Rumah Baca Alam Riang.

Saat pembukaan brosur (desain sendiri tentunya 🙂 ) kami sebar, sebanyak 15 anak datang dengan penuh antusias. Tak hanya membaca buku, anak-anak juga belajar Bahasa Inggris, Komputer, dan Matematika. Saat hari pertama anak-anak belajar Bahasa Inggris masing-masing memperkenalkan dirinya, ada yang malu-malu ada pula yang bersemangat. (Isteri saya tentunya yg mengajar, maklum kemampuan bahasa inggris saya diluar kepala 🙂 )

Senin hingga Jumat, rumah kami ramai dipenuhi anak-anak yang memiliki minat besar dan haus akan pengetahuan. Harapan kami dengan adanya rumah baca, anak-anak kami dan mereka dapat memiliki pengetahuan yang lebih serta memiliki kemampuan yang sama dengan saudara-saudara yang lain di Republik Indonesia ini.

Papua negeri yang kaya akan sumber daya alam akan tetapi justru daerah ini yang banyak tertinggal mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan hingga pembangunan. Banyak pejabat di Indonesia ini yang hanya memperkaya diri sendiri dan keluarganya kemudian rakyatlah yang menjadi korban. Loh kok jadi mencaci pemerintah? Biarlah memang begitu kenyataan!

Mari kita dukung dan berikan sumbangan buku bagi  Papua, www.bukuntukpapua.org | Sebuah Buku Bangkitkan Papua!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s